Rabu, 24 Oktober 2018

SEJARAH ORGANISASI EKSTRAKURIKULER KELOMPOK ILMIAH REMAJA SMAN 1 CIKIJING



ORGANISASI KIR
SMA NEGERI 1 CIKIJING





KELOMPOK ILMIAH REMAJA



BAB I : MATERI KELOMPOK ILMIAH REMAJA

   A.    PENGERTIAN
   kelompok Ilmiah Remaja (K I R) adalah kelompok remaja yang melakukan serangkaian kegiatan
yang menghasilkan suatu hasil yang disebut karya ilmiah. Karya ilmiah itu sendiri mempunyai
arti sebagai suatu karya yang dihasilkan melalui cara berpikir yang menurut kaidah penalaran
yang logis, sistematis, rasional dan ada koherensi antar bagian-bagiannya. Sebagai suatu kegiatan
ekstrakurikuler di tingkatan SLTP, SMU, SMK , Madrasah bahkan Pondok Pesantren, Kelompok  
Ilmiah.
   Remaja (KIR) ini merupakan suatu organisasi yang sifatnya terbuka bagi para remaja yang ingin
mengembangkan kreativitas, ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa kini maupun masa mendatang.

  B.      SEJARAH TERBENTUKNYA DI INDONESIA
   Youth Science Club (disingkat YSC) awalnya dibentuk bagi remaja yang berusia 12-18 tahun oleh UNESCO pada tahun 1963, tetapi pada tahun 1970 batasan usia tersebut diubah menjadi 12-21 tahun. Di Indonesia, Youth Science Club dikenal dengan nama Kelompok Ilmiah Remaja yang terbentuk atas inisiatif remaja Indonesia itu sendiri. Pembentukannya diawali pada tahun 1969 saat koran Harian Berita Yudha membentuk Remaja Yudha Club (RYC). Selanjutnya, setelah difasilitasi oleh LIPI dan mengalami perkembangan, maka Remaja Yudha Club (RYC) berubah menjadi Kelompok Ilmiah Remaja. Istilah ini masih digunakan hingga saat ini, dan masih aktif dilaksanakan di berbagai sekolah di seluruh Indonesia. Kelompok Ilmiah Remaja pertama dan tertua di Indonesia adalah Kelompok Ilmiah Remaja Jakarta Utara yang bediri sejak 19 Maret 1981. Sekretariat KIRJU berada di Gedung Auditorium lantai 2 Gelanggang Remaja Jakarta Utara.

   C.    TUJUAN
   Tujuan yang harus dicapai oleh anggota KIR secara individual adalahpengembangan sikap ilmiah,
kejujuran dalam memecahkan gejala alam yang ditemui dengan kepekaan yang tinggi dengan metode
yang sistematis, objektif, rasional dan berprosedur sehingga akan didapatkan kompetensi untuk
mengembangkan diri dalam kehidupan.

   D.    MANFAAT
   Kelompok ilmiah Remaja (K I R) yang dikembangkan di sekolah mempunyai berbagai manfaat bagi
siswa, guru pembibing maupun bagi sekolah, antara lain sebagai berikut.

1.       Manfaat Kelompok IlmiahRemaja(KIR) bagi siswa adalah
a.       Membangkitkan rasa ingin tahu terhadap fenomen alam yang berhubungan dengan iptek;
b.      Meningkatkan daya nalar terhadap fenomen-fenomena alam;
c.       Meningkatkan data kreasi dan daya kreatif serta daya kritis;Menambah wawasan terhadap iptek;
d.      Meningkatkan keterampilan menguasai iptek;
e.       Meningkatkan minat baca terhadap iptek;
f.        Memperluas wawasan komunikasi melalui pengalaman diskusi, debat dan presentasi ilmiah;
g.      Mengenal cara-cara berorganisasi;
h.      Sebagai wahana untuk menempa kematangan sikap dan kepribadian;
i.        Mengenal sifat-sifat ilmiah, jujur, optimis, terbuka, pemberani, toleransi, kreatif, kritis, dan
skeptis;
j.        Sebagai ajang uji coba prestasi dan prestise;
k.      Membuka kesempatan untuk mendapatkan prioritas melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih
tinggi.
2.       Manfaat kelompok ilmiah remaja (KIR) bagi guru pembimbing
a. Menambah wawasan ilmu pengetahuan secara
luas;
b.
Menambah keterampilan membimbing kelompok ilmiah remaja;
c.
Meningkatkan rasa ingin tahu terhadap iptek;
d.
Meningkatkan minat baca terhadap iptek;
e.
Menambah pengetahuan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah;
f.
Mengenal sikap-sikap dan perkembangan pribadi-pribadi siswa lebih mendalam;
g.
Meningkatkan kesejahteraan hidup.

3.       Manfaat Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) bagi sekolah adalah
a. Memberikan nilai tambah dan nilai unggulan kompetitif bagi sekolah;
b.Menambah keterampilan dalam mengelola dan mengembang-kan sekolah;
c.Memperluas hubungan kerja sama dengan instansi lainnya;meningkatkan situasi dan kondisi
seklah yang kondusif untuk belajar;
d.Menambah fungsi sekolah lanjutan/menengah sebagai tempat pengembangan riset/penelitian.

Sumber : - https://id.wikipedia.org/wiki/Kelompok_ilmiah_remaja
               

BAB II : KELOMPOK ILMIAH REMAJA (KIR) SMAN 1 CIKIJING
        1.      Sejarah KIR SMAN 1 Cikijing
·         Tahun berdiri : tanggal 31 Agustus 2000
·         Lokasi            : Jl. Dewi Sartika No.07
·         Latar belakang
   Latar belakang KIR SMAN 1 Cikijing tidak ada yang tahu, baik alumni maupun guru di sekolah. Namun ketika ditanyakan kepada Bapak Abbas Ali Sadikin, S.Pd yang pernah menjadi pembina organisasi KIR. Menurutnya pembentukan organisasi KIR ini merupakan atas dasar inisiatif siswa yang ingin mendirikan organisasi KIR di SMAN 1 Cikijing.
   Adapun tanggal berdiri organisasi KIR SMAN 1 Cikijing diambil dari waktu peresmian logo/lambang organisasi KIR yang baru dibuat oleh Vira Rasvika dan diresmikan oleh pembina KIR bapak Encu Syamsudin, S.Pd . Dan tahun berdiri organisasi KIR diambil dari tahun berdirinya sekolah.













     2.      Logo/Lambang
   Sejarah pembentukan logo KIR SMAN 1 Cikijing, dibagi menjadi 3 periode :
1)      Periode (tidak diketahui)
·         (gambar 1)
2)      Periode tidak diketahui – Agustus 2018
·          (gambar 2)

3)      Periode Agustus 2018 - sekarang
 
                         (gambar 3) 

   Logo ini resmi digunakan pada tanggal 31 Agustus 2018. Dibuat oleh Vira Rasvika (Ketua KIR 2017-2018) dan diresmikan oleh pembina KIR bapak Encu Syamsudin, S.Pd.
   Sebenarnya logo ini sama seperti logo pada periode yang lalu (gambar 1), yang berbeda yaitu dari warna yang dipakai.
·         Latar belakang
   Pada tanggal 17 Agustus 2018, saat upacara kemerdekaan Indonesia, KIR membawa bendera dengan logo periode sebelumnya (gambar 1).
   Atas saran bapak Abbas Ali Sadiqin, S.Pd yang disampaikan oleh ketua OSIS pada saat itu, yaitu Yudi Hadiana Hidayat. Bahwa KIR dari sejak dulu memang menggunakan logo itu, bukan logo yang sekarang dipakai (gambar 2). Maka seusai kegiatan Kemerdekaan Indonesia, disampaikanlah pembicaraan itu kepada rekan-rekan pengurus lainnya; Amas Setiawan, Ira Sairawati, Suci Nuralami, dan Rika Amelia. Atas kesepakatan bersama, maka kami setuju bahwa logo akan diganti. Dengan alasan lain, bahwa logo yang dulu lebih menggabarkan jati diri organisasi KIR yang terfokus pada karya tulis.
  Karena file dari logo terdahulu tidak ada, maka Vira Rasvika membuat logo tersebut dari awal, dan mengganti warna logo tersebut karena dirasa terlalu monoton, yaitu warna putih dan biru. Selama kurang lebih 14 hari pembuatan logo baru yang terselesaikan pada tanggal 31 Agustus 2018, yang kemudian langsung dikirimkan kepada pembina KIR bapak Encu Syamsudin, S.Pd dan diresmikan pada saat itu juga.
·         Makna Logo/lambang
1)      Gambar
a.       Lingkaran : Melambangkan kesatuan/persatuan dari anggota KIR.
b.      Buku dan Pena : Menandakan bahwa organisasi KIR adalah organisasi yang mengutamakan unsur pendidikan di dalam kegiatannya.
c.       Padi dan Kapas : Melambangkan kesuburan.
d.      Bintang : Ketuhanan Yang Maha Esa (Berketuhanan)
e.       Gelombang Air yang tenang : Melambangkan ketenangan.
f.        Pita : Melambangkan pengikatan.
2)      Warna Gambar
a.       Merah : Melambangkan keberanian dan semangat yang ada di dalam diri KIR.
b.      Biru : Melambangkan kecerdasan dan rasa percaya diri.
c.       Kuning : Keagungan, dan optimisme
d.      Putih : Bersih
e.       Hijau :Melambangkan kedamaian dari kekeluargaan KIR






























 





    3.      Semboyan
·         Nama semboyan : Adhinasya
·         Penetapan           : Selasa, 22 Oktober 2018
·         Ditetapkan oleh  : Vira Rasvika, Ira Sairawati, Suci Nuralami, Yuli Yuliantika, Ayi Nursyamsiyah, Rival Nurjaman, Selvi Suci, dan Sintia Nurrohmah.
·         Sejarah
   Pada saat perancangan AD/ART, Vira Rasvika mengingnkan KIR SMAN 1 Cikijing untuk mempunyai semboyan organisasi. Maka untuk pembuatannya dia meminta bantuan kepada wakil ketua KIR yaitu Yuli Yuliantika. Maka tersusunlah ADYRA yang berkepanjangan dari Adhah Baksya Chandra Ganesha yang berarti Forum kreativitas siswa dan unggul dalam ilmu pengetahuan.
    Namun saat perundingan AD/ART pada hari Selasa, 22 Oktober 2018, anggota KIR yang lainnya tidak setuju jika KIR memiliki semboyan ADYRA. Maka pada saat itu juga anggota KIR berunding dan memutuskan bersama, jika KIR SMAN 1 Cikijing memakai kata “ADHINASYA” yang dibaca “ADINASA”. Adhinasya diambil dari bahasa sansakerta, yaitu adhinata artinya paling unggul, sedangkan baksya artinya kreatif.
   Adinasya memiliki arti “yang paling unggul dalam kreativitas”. Maksudnya, bahwa anggota KIR diharapkan memiliki keunggulan dibidang kreativitas, baik kreatif dalam kesusasteraan, ilmiah, maupun yang lainnya.
    4.      Motto
K : Kreatif
I : Inovatif
R : Religius dan Rasional
   Motto KIR resmi dibentuk pada tanggal 22 Oktober 2018, atas usulan Ayi Nursyamsiyah. Sebenarnya motto ini diambil dari penyampaian misi/visi calon ketua KIR 2018-2019 yaitu Siti Nurafiah. Pada saat pemilihan ketua dan wakil ketua masa bakti 2018-2019, Siti Nurafiah sebagai kandidat ketua KIR menyampaikan bahwa visi dia adalah Kreatif, Inovatif, Religius dan Rasional. Maka, dirasa cocok untuk dijadikan motto, kami pun menyetujuinya.
    5.      Janji
a.       Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
b.      Menjaga dan menjunjung tinggi nama baik organisasi KIR dan sekolah.
c.       Menjungjung tinggi tata tertib organisasi.
d.      Bersungguh-sungguh dalam mengikuti organisasi KIR.
e.       Patuh dan bertanggungjawab atas kewajiban menjadi anggota KIR.
f.        Menjaga kekompakan dan semangat kekeluargaan antar-anggota KIR.
    6.      Tujuan
a.       Mengembangkan berpikir kritis dan ilmiah.
b.      Membina disiplin diri melalui kegiatan penelitian di lingkungan sekolah.
c.       Mengembangkan kemampuan dalam mengkomunikasikan hasil penelitian melalui karya tulis dan presentasi karya.
d.      Mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan siswa dalam bidang kesusastraan.










BAB III : KEPENGURUSAN
Pasal 3
Sejarah Perkembangan Ketua (dilanjutkan)

1.      Nama                : Abdul Majid
Lahir                 :
     Masa Bakti       : 2015-2016
     Kelas                : -
     Jenis Kelamin  : Laki-laki
     Alamat             : -
     Pembina           : Ibu Intan Ciptaning A. H., S.Pd

2.      Nama                 : Ayi Priyanti
Lahir                  :
Masa Bakti        : 2016-2017
Kelas                  : -
Jenis Kelamin    : Perempuan
Alamat               : Cingambul
Pembina             : Ibu Intan Ciptning A. H., S.Pd

3.      Nama                 : Vira Ravika
Lahir                  : Majalengka, 09 Oktober 2001
Masa Bakti        : 2017-2018
Kelas                 : X5, XI IPS I, XII IPS II
Alamat               : Wangkelang
Pembina             : Ibu Intan Ciptaning A.H., S.Pd – Bapak Encu Syamsudin, S.Pd
Anggota             : Ira Sairawati – Sekretaris
                            Suci Nuralami – Bendahara
                            Rika Amelia – Divisi Bahasa dan Sastra
                            Amas Setiawan – Divisi TIK





1 komentar:

  1. Best Pokies Casino Games in Las Vegas - Mapyro
    Top 태백 출장안마 10 서산 출장안마 New Pokies Casino Games in 2021 With a 원주 출장샵 large 김천 출장샵 number of casino-like slot machines, 원주 출장마사지 one of the best aspects of the game is

    BalasHapus